Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Batuk Flek pada Anak

Mangatasi batuk flek pada anak adalah bagian terpenting bagi orang tua yang memiliki anak dengan gejala tersebut. Para orang tua pasti mencari solusi yang tepat untuk mengatasi batuk flek pada anak. Karena penyakit tersebut sangat menyiksa sang buah hati yang sedang menjalani tumbuh kembangnya.

Batuk flek pada anak biasanya disebut juga penyakit TBC atau penyakit tuberculosis. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang paru-paru, dan terdapat berbagai penyebab yang menjadikan penyakit ini muncul. Biasanya gejala yang ditandai oleh penyakit batuk flek pada anak sering akan mengalami masalah penurunan berat badan kurang lebihnya selama tiga bulan secara berturut-turut tanpa diketahui penyebab yang jelasnya. Kemudian beraat badan anaka akan mengalami kenaikan. Gejala lainnya dari batuk flek pada anak adalah nafsu makan yang berkurang, demam yang berlangsung lama dan juga berulag setelah itu munculnya suatu benjolan yang ada di leher, ketiak dan juga bagian lipat paha.

Gejala batuk flek pada anak lainya sering terlihat pada batuk yang terjadi lebih dari dua bulan dan rasanya nyeri di dada. Diare yang terjadi secara kambuhan serta tidak bisa diobati dengan pengobatan diare yang biasa saja.

Untuk memastikan terjadinya penyakit batuk flek pada anak, maka hal yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan pada dahak anak selama mereka batuk, dan mnedeteksi riaknya, namun yang diperiksa pada anak bukan ludahnya tapi dahaknya. Pemeriksaan dahak selama tiga kali selama dua hari yang dikenal dengan sewaktu, pagi, sewaktu atau SPS.

Pemeriksaan penyakit batuk flek pada anak adalah dengan melakukan tes mantoux, melakukan rontgent, dan juga pemeriksaan darah yang diketahui apakah ada suatu potensi dari terjadinya batuk flek paru-paru atau juga tidak mengalaminya. Kemudian biasanya dokter juga akan melakukan suatu tindakan pengobtan yang tepat. Yang perlu diketahui, meskipun anak anda sudah positif mengalami penyakit batuk flek, namun bukan berarti bakteri ini sudah mengalami perkembangan untuk menjadi penyakit TBC atau juga mengalami TB aktif. Hanya sekitar 10% saja dari anak-anak yang mengalami infeksi penyakit TBC yang bisa mengalami penyakit ini.

Infeksi penyakit batuk flek pada anak merupakan salah satu resiko paling tinggi. Karena kondisi tubuh dari bayi yang masih rentan untuk mengalami serangan, akibat dari system kekebalan tubuh yang sistemnya masih belum sempuran. Jika seorang anak mengalami infeksi penyakit TBC, maka resikonya akan terjadi lebih berat dibandingkan dengan resiko orang dewasa. Umumnya adalah penyakit TBC pada orang dewasa biasanya akan terlokalisasi hanya pada paru-paru, karena tubuh orang dewasa sudah mempunyai system kekebalan tubuh yang sempurna. Sedangkan pada anak-anak dan bayi, penyebaran bakteri yang bukan hanya terjadi didalam paru-paru namun juga terjadi diseluruh tubuh lewat aliran didalam darah. Itu sebabnya mengapa pada bayi dan anak-anak bisa mencapai kasus penyakit TB tulang, TB hati dan juga limfa, TB selaput otak atau meningitis.

Karena alas an itulah penyakit batuk flek pada anak harus segera diobati jika sudah dideteksi. Pengobatan yang sudah dilakukan biasanya dalam bentuk pemberian obat oral, dan juga menggunakan obat anti TB, atau juga obat kombinasi yang dilakukan paling tidak dalam jangka waktu enam bulan atau bisa mencapai dua belas bulan untuk penderita penyakit TBC kasus berat yang sudah menjalar masuk kedalam otak hingga bisa menyebabkan terjadinya penyakit meningitis.

Mengatasi batuk flek pada anak sebaiknya anda konsultasikan kepada dokter anda. Dokter akan menambah daya imun si anak agar bisa melawan keluhan yang dideritanya, menambah nafsu makan dan juga mengatasi keluhan yang ada sehingga bisa melawan penyakit. Dengan cara ini anak akan bisa mengatasi penyakit yang ia derita dengan menambah system imun pada tubuhnya.



Cara alami mengatasi batuk flek pada anak jika sudah sembuh adalah dengan menjauhkan anak dari sumber penyakit karena system imun masih sangat rendah dan gampang terkena penyakit.

Ada cara mengtasi batuk flek pada anak yang sangat praktis dan mudah, yaitu dengan mengkonsumsi Madu . Madu Asli adalah suplemen yang cocok untuk anak diatas satu tahun.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Batuk Flek pada Anak"